Tip Top, Tempat Gaul Plus Makan yang Top!

Tip Top, Tempat Gaul Plus Makan yang Top!
Foto: dev/detikFood
Medan – Resto yang satu ini terkenal sebagai salah satu tempat gaul paling top di kota Medan. Andalannya berupa es krim plus cake jadoel yang dibuat dengan tungku bakar. Wah, nostalgia pun makin terasa dengan balutan nuansa kolonial tempoe doeloe!

Jika berkunjung ke kota Medan, belum lengkap rasanya kalau tak mampir ke Tip Top. Restoran legendaris sejak puluhan tahun ini memang dikenal sebagai tempat gaul yang paling top di kalangan muda Medan. Semakin larut malam tempat ini pun semakin ramai oleh pengunjung yang sekedar menikmati es krim atau kue-kue sambil duduk-duduk bak tuan dan nyonya Belanda.

Berhubung malam Minggu, Tip Top memang lebih ramai dari biasanya. Di bagian luar restoran ini tersedia tempat duduk santai dari rotan dan meja-meja bundar yang sudah dipenuhi pengunjung. Rasanya Tip Top ini mengingatkan saya dengan resto sejenis seperti Es Krim Ragusa di Jakarta atau Es Krim Oen di Semarang. Semuanya memiliki ciri khas jadoel dengan suasana khas kolonial tempoe doeloe.

Saat pertama kali dibuka, sebenarnya resto ini menyandang nama Jangkie sesuai dengan nama sang pemiliknya. Hingga akhirnya pindah ke Jl. A. Yani (dulu bernama Kesawan) di tahun 1934, baru kemudian berganti nama menjadi Tip Top yang berarti ‘Prima’ atau ‘Sempurna’. Beberapa foto hitam putih yang menjadi jejak perkembangan Tip Top di masa lalu hingga kini tampak menghiasi dinding.

Suara live music yang menyanyikan lagu-lagu khas Batak digelar di area dalam menjadi background para pengunjung yang asyik makan atau mengobrol. Tiang-tiang kayu dan kipas angin di langit-langit menambah kental suasana tempoe doeloe. Para pramusaji yang sibuk mendorong troli-troli untuk mengantarkan makanan ke meja-meja menambah kental suasana Kolonial yang masih dipertahankan hingga kini.

Yang juga menarik perhatian saya di salah satu sudut berderet-deret cake tempoe doeloe dipajang di etalase sungguh menggugah selera. Sebut saja seperti mocca taart, room taart, spekkoek, roomball, kue taartjes, dll. Saya pun jadi tergoda untuk langsung memesan sepotong room taart dan mocca taart.

Selain menawarkan cake – sesuai dengan tagline-nya ‘Ice Cream Palace’ – Tip Top juga menawarkan es krim jadoel yang dibuat dengan resep lama secara tradisional. Sebut saja YsTaart, Java Ice, Mexicaner Ice, Carmen Ice, Tutti Frutti Ice, Peach Melba Ice, Pukler, dll. Ada yang disajikan dalam bentuk ice cream taart, minuman, dan scoop dengan beragam rasa seperti vanila, cokelat, strawberry, room (rhum), dll.

Es krim pilihan saya, Mexicaner Ice disajikan dalam sebuah gelas berkaki dari alumunium. Satu scoop es krim vanila bertopping saus cokelat dan taburan kacang ditaruh di tengah-tengah gelas. Diatasnya diberi whipped cream plus sepotong buah ceri merah dan juga irisan buah peach di sekelilingnya. Wah, meski terkesan kuno tetapi es krim ini sungguh menggugah selera saya. Yummy!

Rasa susunya terasa banget dan tekstur ice cream khas jaman doeloe ini memang masih dipertahankan Tip Top. Mungkin inilah yang menjadi penyebab restoran ini tetap eksis meski banyak resto modern lain bermunculan. Baunya harum dan lebih cepat mencair, karena terbuat dari bahan-bahan alami seperti susu sapi murni, kuning telur ayam, buah-buahan, kacang dan cokelat.

Es krim tersebut cocok disandingkan dengan Room Taart dan Mocca Taart yang disajikan dalam piring-piring mungil. Sepotong Room Taart dibalut dengan cokelat dan diatasnya diberi whipped cream mocca. Bolu cokelatnya berpori sedikit kasar khas cake jaman dulu dan pada lapisan tengahnya dioleskan whipped cream. Sedangkan Mocca Tart dipinggirannya diberi cokelat meisjes, sedangkan diatasnya diberi whipped cream mocca dan whipped cream putih beserta buah ceri. Rasa mocca lebih dominan dan ditengahnya diberi kejutan berupa olesan selai strawberry. Nyam nyam… bagi saya keduanya sama enaknya!

Selain es krim dan aneka cake, Tip Top juga menyediakan makanan berat berupa hidangan a la barat seperti steak dan makanan Cina. Bahkan nasi gorengnya terkenal enak dan jadi favorit pelanggan. Bentuk es krim Tip Top mematok harga yang TOP alias tidak terlalu mahal yaitu Rp 13.500,00 – Rp 15.000,00 saja. Wah, pantas saja banyak pengunjung baik tua dan muda yang senang bernostalgia di Tip Top!

Tip Top Restaurant
Jl. Jendral A. Yani No.92/92A/92B (Kesawan)
Medan Telp: 061-24442 / 25426
Jam Buka: 11.00 – 14.00 dan 18.00 – 22.00

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s