Biar Badan Tetap Hangat Saat Udara Dingin

img
(Foto: thinkstock)

Jakarta, Banyak orang yang tidak kuat menghadapi udara dingin terutama yang tinggal di daerah tropis. Udara dingin juga banyak menyebabkan penyakit seperti flu dan batuk. Membuat badan tetap hangat setidaknya bisa menjauhkan Anda dari penyakit.

Kedinginan bisa menurunkan kekebalan tubuh dan membuat orang mudah terserang penyakit seperti sakit kepala dan influenza yang membuat orang sulit berpikir, serta menyebabkan kaki dan tangan dingin yang akhirnya juga menyulitkan orang melakukan aktifitas.

Kehangatan penting untuk tubuh dan kesehatan. Cara-cara berikut bisa membuat Anda tetap merasa hangat meski udara dingin, seperti dilansir Ehow, Jumat (1/4/2011):

1. Menggunakan pakaian hangat
Menggunakan pakaian hangat adalah cara yang paling sederhana untuk menghangatkan badan. Menutupi seluruh bagian tubuh yang merasa dingin mulai dari kepala hingga ujung kaki dapat membantu membuat Anda merasa hangat. Bagian tubuh yang paling mudah merasakan dingin adalah ujung kaki dan tangan, jadi jangan lewatkan kaos kaki dan kaos tangan saat udara dingin.

2. Olahraga
Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi di seluruh tubuh, terutama di ujung tangan dan kaki yang paling sering merasakan dingin. Olahraga ringan seperti aerobik, berjalan, jogging atau bersepeda dapat membantu menghangatkan tubuh. Melakukan olahraga saat udara dingin juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga menjauhkan Anda dari penyakit.

Tak hanya melakukan olahraga, menggerak-gerakkan tangan dan kaki juga dapat membantu melancarkan sirkulasi sehingga memberi kehangatan.

3. Menggosok-gosokkan tangan dan kaki
Menggosokkan tangan dan kaki dapat juga memberikan kehangatan. Hal ini berasal dari gaya gesek yang terjadi ketika Anda menggosok-gosokkan tangan dan kaki. Gaya gesek tersebut dapat menghasilkan panas.

4. Makan makanan tertentu
Merica, cabai dan jahe merupakan bumbu masakan yang cocok ditambahkan ke dalam makanan di saat udara sedang dingin. Makanan yang mengandung bumbu-bumbu tersebut juga dipercaya ampuh untuk meradakan flu.

Kayu manis juga membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga membuat tubuh menjadi hangat. Tak hanya itu, minuman hangat seperti teh dan kopi hangat juga membantu menghangatkan badan saat udara dingin.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s