5 Langkah Asah Otak

Senin, 14 Februari 2011

Ada lima cara mudah untuk mempertahankan kecerdasan mental Anda.

Penelitian menunjukkan ada berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kepikunan. Berikut cara-cara yang patut Anda coba:

1. Santailah

“Otak kita akan mengingat lebih baik dalam keadaan santai,” kata peneliti di Institut Teknologi California. Cukup luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk bernafas dalam-dalam atau meditasi. Dengan meditasi, maka tubuh dan pikiran Anda akan lebih rileks dalam menghadapi suatu masalah.

2. Fokus pada Masa Depan

Menurut sebuah studi terbaru, orang yang mengatur rencana dengan baik dan mengorganisir kehidupannya dapat mengalami penurunan resiko penyakit Alzheimer sebanyak 50 persen. Tak usah khawatir jika hari-hari Anda tidak dipenuhi peristiwa yang dapat mengubah hidup. Menjadwalkan minum kopi secara rutin saja sudah cukup untuk membawa perubahan.

3. Berjalan-jalan

“Sedikit peningkatan kadar glukosa (bahkan jika Anda tidak menderita diabetes) dapat mengganggu terbentuknya ingatan Anda di dalam otak,” kata peneliti Universitas Columbia. Para ahli sepakat bahwa aktivitas fisik dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah dan menjaganya tetap normal.

4. Makan Buah Beri

“Blueberry memiliki senyawa bernama anthocyanins yang dapat membantu koneksi antar sel otak dan juga meningkatkan daya ingat,” kata Robert Krikorian, PhD, profesor psikiatri dan ilmu saraf di University of Cincinnati. Selain itu, buah beri juga kaya akan antioksidan yang baik untuk peredaran darah.

5. Pelajari Sesuatu yang Baru

Ambillah kelas Bahasa Spanyol online, bergabunglah dengan klub merajut, atau belajarlah bermain poker. Sebuah studi UC Irvine menemukan bahwa stimulasi mental dapat membatasi efek penuaan pada memori dan pikiran. Tidak ada jeleknya kan belajar hal yang baru. (wo/-)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s